Ulang Tahun? Makan Mi Yuk!

Hai, selamat siang semua.

Hari ini saya akan membahas mengenai mi ulang tahun! Nah sebelumnya saya ingin sedikit bercerita. Beberapa hari yang lalu saya pergi makan siang bersama beberapa teman ke sebuah restoran masakan Chinese di daerah Gading Serpong. Seperti biasa begitu tiba, kita pasti akan disodorkan dengan buku menu restoran tersebut. Dalam bagian mi dijumpai menu dengan nama mi goreng ulang tahun. Pernahkah kalian bertanya-tanya “Seperti apa sih mi ulang tahun itu? Kenapa diberi nama begitu? Kenapa selalu ada menu mi ulang tahun di restoran Chinese?”

Mi ulang tahun yang biasa tersedia di restoran Chinese adalah mi telur yang digoreng dengan berbagai bahan dan bumbu campuran seperti sayuran, daging ayam, udang, dan lainnya yang juga dilengkapi dengan telur rebus, terkadang ada yang diberi warna merah ada juga yang tidak. Pada awalnya mi ulang tahun yang dimaksud adalah misua. Hal ini dikarenakan misua biasanya dimasak dalam ukuran panjang yang sama dengan saat kering tanpa dipotong dan dihancurkan Hal ini bermakna umur yang panjang bagi orang yang sedang bertambah usia tersebut. Inilah yang membuat mi goreng tersebut menjadi menu istimewa dan khas pada saat bertambah usia dan dijuluki Mi Ulang Tahun!

Alasan mengapa menu ini selalu ada pada restoran Chinese dikarenakan dalam tradisi masyarakat China seseorang yang berulang tahun biasanya diharuskan memakan mi yang panjang tanpa terputus. Jadi mereka yang berulang tahun harus memasukkan mi dari ujung yang satu hingga ujung lainnya tanpa digigit. Mereka baru boleh menggigitnya (mengunyah) saat mi sudah berada di dalam mulut. Akan tetapi saat ini sebagian besar masyarakat Tionghoa sudah mengabaikan aturan tersebut padahal cara makan seperti ini memiliki arti tersendiri bagi para leluhur. Maksud dari cara makan seperti ini adalah mendoakan orang yang berulang tahun ini memiliki umur yang panjang layaknya mi yang dia makan dan saat mulai dikunyah hingga habis mengartikan bahwa setiap orang yang menjalani kehidupan ini pasti juga akan menjumpai kematian.

Tidak sebatas mi saja loh yang memiliki arti, ternyata telur berwarna merah yang biasanya melengkapi mi ulang tahun juga memiliki arti tersendiri. Telur rebus yang bulat mengartikan bahwa orang-orang (keluarga) selalu berkumpul bersama. Sedangkan warna merahnya mengartikan kebahagiaan dan sukacita. Oleh karenanya telur merah yang disajikan dengan mi ulang tahun ini berarti bahwa mereka yang sedang berulang tahun selalu berkumpul dan ditemani oleh orang-orang yang disayanginya (keluarga, teman, dll) dalam kebahagiaan dan kegembiraan.

Jadi saat ulang tahun yuk sempatkan waktu untuk berkumpul dan makan bersama dengan orang-orang yang kita sayangi. Dengan harapan semua yang berkumpul bahagia dan bersukacita dan kita yang berulang tahun diberikan kesehatan dan umur panjang! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s