Roti praktis ini berasal dari mana?

Selamat siang semuanya 🙂

Sudahkah kalian makan siang? Bagi kalian yang sedang sibuk melakukan pekerjaan lain dan tidak sempat makan, mungkin kalian bisa membeli atau membuat sandwich sendiri karena pembuatannya mudah dan praktis. Kalian cukup menjepit beberapa bahan (telur, daging, sayur dan keju) dengan dua potong roti. Selain itu, sandwich termasuk makanan bergizi yang cukup mengenyangka karena mengandung karbohidrat yang berasal dari roti, protein dari daging dan telur, vitamin dan mineral dari sayur-sayuran 🙂

Nah hari ini saya ingin bercerita mengenai sandwich. Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan makanan satu. Ya, roti berlapis yang berisi daging dan sayur-sayuran yang bergizi ini berasal dari kebudayaan masyarakat barat. Tapi apakah kalian tau asal usul penemuan sandwich?

Sandwich pertama kali berkembang di Inggris pada abad ke 18 penemunya adalah seorang bangsawan Inggris, John Montagu, seorang Earl of Sandwich IV. Montagu adalah seorang yang sangat gemar bermain kartu (judi), dia hampir menghabiskan 24 jam waktunya untuk bermain tanpa kenal lelah. Singkat cerita oleh karena tidak ingin repot dan meninggalkan meja permainan ia menyuruh pelayannya membawakan daging sapi dan sayur segar yang disajikan diantara dua potong roti agar ia bisa maenyantap makanan penuh gizi sambil tetap bermain kartu.Semenjak itulah roti berlapis daging dan sayur ini dikenal dengan nama sandwich.

Hingga saat ini sandwich masih menjadi makanan praktis yang dinikmati oleh sebagian besar masyarakat. Daging yang digunakan dalam sandwich tidak hanya daging sapi atau ayam tetapi juga bisa ikan tuna, selain itu juga bisa ditambahkan telur. Sayur-sayuran yang biasa digunakan adalah lettuce, irisan bawang bombay dan tomat. Selain daging dan sayur diantara kedua roti juga diselipkan keju dan mayonaise.

Begitulah cerita singkat mengenai asal muasal sandwich. 

Sekian, samapi jumpa lagii 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s